3.4.10

500 Days of Summer

“Boy meet girl. Boy falls in love. Girl doesn’t.”

“It’s not a love story, but it’s a story about love.”


Dua tagline diatas benar-benar menggambarkan film ini, tidak lebih dan tidak kurang. 500 Days of Summer bukan kisah cinta dalam dongeng atau pun sejenis kisah cinta ‘happily ever after’ yang lainnya. Ceritanya benar-benar cerita cinta yang realistis, tidak menjual mimpi, dan ‘menampar’ banyak orang (well, setidaknya menampar banyak teman-teman saya dan bahkan menyentil diri saya sendiri :D). Bila anda berpikir saya berlebihan, percayalah, tonton filmnya dan buktikan sendiri.

Kisahnya sendiri sebetulnya sangat klasik. Seorang penulis kartu ucapan kikuk yang bernama Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt) jatuh cinta kepada teman kantornya, Summer Finn (Zooey Deschanel), gadis brilian yang luar biasa cantik. Tetapi sayangnya Summer yang sebetulnya menerima cinta Tom tidak dapat memberikan hubungan resmi seperti yang Tom harapkan.

Klise bukan ? Bayangkan dan hitung saja berapa banyak film romantis (entah itu drama ataupun komedi) dengan cerita yang berupa ragamnya (walau kadag mirip-mirip juga kalo ga sama persis) tapi memiliki formula yang sama : mereka bertemu, mereka jatuh cinta, terjadi konflik, dan ending yang menentukan apakah mereka mempertahankan cerita mereka atau tidak. Secara garis besar, 500 Days of Summer pun memiliki formula yang sama. Tapi dalam kemasan yang berbeda.

Latar belakang yang realistis. Cerita yang realistis. Romansa yang sangat mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pengemasan cerita dengan sentuhan pengharapan dan kenyataan ini dikemas dengan sangat apik oleh Marc Webb. Cerita yang realistis ini digubah dengan sentuhan dramatis yang tepat oleh Scott Neustadter dan Michael H. Webber. Penokohan serta tokoh yang dipilih tepat untuk menggambarkan Tom yang kikuk dan sangat jatuh cinta pada Summer, dan Summer yang cantik dan sadar kalau dia cantik. Serta soundtracknya, sama luar biasanya dan sangat melengkapi filmnya.

Saya, singkat kata mengatakan : 500 Days of Summer, film yang berhasil masuk ke dalam jajaran IMDB Top 250, benar-benar wajib ditonton oleh pecinta romantisme, pecinta realitas, pria-pria penuh mimpi, dan wanita penjual mimpi.


Rate by me : 4 out of 5

No comments: